PERBEDAAN WINDOWS 3X, WINDOWS 95, WINDOWS ME, DAN WINDOWS XP

  • Windows 3X

Windows 3X adalah sistem operasi ketiga yang diduat oleh Microsoft Coorporation pada 22 Mei 1990. Windows 3x memiliki banyak kelebihan diantaranya dapat menjalankan banyak MS DOS Prompt dan aplikasinya secara multitasking, karena lingkungan DOS Virtual Machine dalam Windows 3.xx sedikit dirombak oleh Microsoft. Selain itu, Windows 3.xx ini juga dapat menggunakan memori diatas 640 kilobyte sehingga para pengembang pun dapat menembangkan aplikasi yang jauh lebih kuat karena memiliki memori yang jauh lebih tinggi dibandingkan 640 kilobytes batasan DOS.

Penyebab yang membuat Windows 3.xx menjadi populer adalah karena Microsoft menyediakan SDK (Software Development Kit) untuk Windows 3.00 sehingga para pengembang akan lebih mudah dalam menulis dan mengembangkan aplikasinya untuk windows.

  • Windows 95

Windows 95 adalah operasi hibrida 16-bit/32-bit yang diprodusi oleh Microsoft, dan diperkenalkan pada 14 Agustus 1995.

Windows 95 memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

  1. sebuah antarmuka grafis yang didesain ulang (sangat berbeda dengan versi windows 3.x) yakni desktop yang dapat dikonfigurasikan, adanya taskbar, tombol start, dan menu konteks.
  2. kompleksibilita denan perangkat keras yang lama, serta aplikasi MS-DOS 16-bit serta windows 16-bit.
  3. arsitektur 32-bit untuk driver perangkat, yang disebut oleh Microsoft Virtual Devicer Driver (VxD)
  4. fungsi multitasking yang ditingkatkan.
  5. subsistem jaringan, subsitem disk, dan subsistem pencetakan yang bebasis 32-bit dan juga terintegrasi.
  6. dukungan terhadap nama berkas panjang.
  7. dukungan multimedia.
  8. dukungan terhadap mnajemen secara terpusat dari server.
  • Windows ME

Windows Me atau sering disebut Windows Millenium Editiion diperkenalkan pada 14 September 2000. Sistem operasi ini didesain khusus untuk pengguna rumahan, dan ditujukanuntuk menggantikan pasar sistem operasi sebelumya. Windows Me adalah sistem operasi transisi antara 16-bit ke 32-bit, sehingga semua program 16-bit dan 32-bit dapat didukung dengan baik.

  • Windows XP

Windows XP diperkenalkan pada 25 Okober 2001, dimana pengertian windows xp itu sendiri adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). XP adalah kependekan dari Experience.

Ada berbagai macam edisi windows XP, yang paling umum dari sistem operasi Windows XP adalah Windows XP Home Edition, yang dikhususkan untuk pengguna rumahan, dan juga Windows XP Profesional, yang menawarkan fitur-fitur tambahan seperti dukungan untuk domain windows server dan dua prosesor fisik. Ada juga Windows XP media center edition yang memiliki fitur multimedia tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara TV, melihat film DVD, dan mendengarkan musik, dan masih banyak edisi Microsoft XP yang lainnya yang dapat bermanfat untuk suatu bidang tertentu. Windows XP juga memiliki kelemahan dalam hal keamanan komputer.

About ANGGREQ'S BLOG

Anggraeni Qoriah | UNSIKA |KARAWANG

Posted on Desember 8, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: